Berkat kegigihanya mempromosikan hijab hingga pelosok negeri, Sofya Moureen, mendapat  penghargaan sebagai tokoh wanita  inspiratif Sumut 2018 oleh DPW Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sumut. Penghargaan itu langsung diberikan oleh anggota DPR RI H.R. Muhammad Syafi’i, SH, M.Hum (Romo) di acara Diskusi Publik dan Pelantikan Pemuda Lira Sumut yang bertepatan dengan Hari Kartini, Sabtu (21/4).

Wajar saja istri dari Anrizal Ramaputra (Yon) ini berhasil memperoleh penghargaan. ” Saya memulai usaha butik muslim bukan semata untuk mendapatkan keuntungan. Saya ingin mengajak para wanita muslim utk ikut mencintai hijab muslim khususnya serta tampil modis tanpa mempertontonkan lekukan  tubuh ” ucap Mouren.

Kesungguhan hatinya pun dibuktikan dengan keberaniannya meninggalkan jabatan strategis sebagai Area Sales Promotion Manager Sumbagut PT.Indofood Asahi pada 2016. Sejak itu dia langsung berkecimpung di fashion hijab dan membuka butik yang diberi nama MouCa, yang berada di Jl.Sisingamangaraja KM 6,2 No.30 Medan.

Di tempat ini Moureen merintis usahanya, ia telah menciptakan peluang kerja dari tenaga-tenaga terampil wanita Sumut. Saat ini produk hijab MouCa telah  merambah ke kota-kota besar diseluruh Propinsi Indonesia melalui jalur distribusi Dept Store ternama seperti Sogo, Parkson, Centro dan Matahari.

Ketua DPW Pemuda LIRA Sumut, Bahtiar didampingi Ketua Panitia acara, Hendra Lesmana mengatakan penghargaan ini diberikan kepada 10 wanita di Sumut yang dinilai mampu membawa semangat Kartini di kehidupan bermasyarakat baik itu di bidang sosial seperti istri dari Bupati Serdang Bedagai Hj.Marliah, dari pemimpin wanita seperti Wagubsu Nurhajizah Marpaung dari UMKM Sofya Moureen serta dari bidang lainnya. “Kami sangat menghargai para wanita  yang mampu memberi inspirasi, sehingga menjadi contoh bagi para wanita lain khususnya di Sumatera Utara. Setidaknya penghargaan yang kami berikan kali ini bisa menjadi motivasi bagi para wanita untuk lebih kreatif demi turut memajukan pembangunan”, Bahtiar menjelaskan.